Skip to main content

Tempat Atau Obyek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Tempat atau obyek wisata pegunungan di Indonesia kali ini akan menuliskan tentang obyek wisata tangkuban perahu, Di Indonesia, Tempat wisata dengan panorama indah dan udara sejuk dan cenderung dingin dengan pemandangan alam yang mengagumkan ini sudah sangat dikenal dikalangan Masyarakat. Selain karena keindahan alam pegunungan yang mempesona dan menakjubkan, Populernya tangkuban perahu juga dikarenakan adanya legenda tentang terbentuknya gunung tangkuban parahu

Cerita atau legenda Tangkuban Perahu sering disebut juga cerita rakyat tangkuban perahu, Legenda terbentuknya gunung tangkupan perahu merupakan cerita seorang anak bernama Sangkuriang yang mencintai Ibunya bernama Dayang sumbi. Hal ini bisa terjadi karena perpisahan Sangkuriang dari kecil dengan Dayang sumbi ( Ibunya ), Dalam legenda Sangkuriang ini, Dayang Sumbi awet muda walaupun usia semakin bertambah. Untuk menolak atau menggagalkan ini semua, dayang sumbi minta dibuatkan kapal dalam waktu satu malam. Dalam prosesnya Sangkurian gagal dan akhirnya marah dan menendang kapal yang akhirnya jatuh tertelungkup menjadi Gunung Tangkupan Perahu.

Wisata gunung tangkuban perahu berlokasi di Provinsi Jawa Barat Indonesia, Yaitu sekitar 20 Km arah utara kota Bandung, Tepatnya di Desa Cicole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. Gunung aktif  dengan tinggi 2.084 meter ini mempunyai panorama alam yang Indah dengan pohon pinus dan hamparan perkebunan teh. Ini merupakan salah satu tujuan wisata populer diprovinsi Jawa barat.

Bagaimana akses menuju obyek wisata alam tangkuban perahu?,

Menuju tangkuban perahu Dengan angkutan umum
Untuk memudahkan akses menuju lokasi taman wisata tangkuban perahu, Jika kita berangkat dari arah timur ( Jawa tengah, Jawa Timur, Ciamis, Tasikmalaya, Garut ), Sebaiknya kita konsetrasi menuju kota bandung terlebih dahulu, Yaitu terminal Leuwi Panjang. Setelah sampai terminal leuwi panjang Bandung, Selanjutnya Naik bis jurusan Bandung - Indramayu yang melewati Subang dan kita turun pertigaan gerbang taman wisata tangkuban perahu.

Berbeda untuk wisatawan yang berasal dari arah barat, Jika dari arah barat naik angkutan minibus atau elf jurusan Pamanukan - Subang - Bandung atau naik bis jurusan Indramayu - Subang - Bandung. Semuanya turun pertigaan gerbang tangkuban perahu.

Bagaimana menuju tangkuban perahu dengan menggunakan kendaraan pribadi?

Rute jalan menuju objek wisata gunung tangkuban perahu diawali dari pintu tol pasteur > Jl. Dr. Djunjunan > Pasirkaliki > Lembang > Jl. Raya Tangkuban Perahu > Menuju lokasi wisata Tangkuban perahu

Rute lain menuju objek wisata gunung tangkuban perahu dimulai dari pintu tol Cipularang > Ambil arah Cimahi > Jl. Raya Lembang > Menuju lokasi wisata tangkuban perahu.

+Wisata alam kawah gunung tangkuban perahu Bandung Jawa Barat


Atau wisatawan bisa memilih alternatif melalui pintu tol Sadang atau Baros. Apakah Saudara masih ragu untuk melakukan perjalanan wisata kegunung Tangkuban Perahu dengan angkutan umum ataupun dengan mobil pribadi?, Kalau hiya, Saudara tetap bisa menikmati keindahan tangkuban perahu dengan menyewa jasa travel wisata. Karena sudah banyak jasa travel wisata yang menawarkan perjalanan wisata ketempat wisata ini.


Objek wisata apa yang populer digunung Tangkuban Perahu?

Salah satunya karena keindahan alam yang terdiri dari hutan pinus dan perkebunan teh. Namun tujuan utama atau objek wisata populer digunung tangkuban perahu adalah terletak pada kawahnya.

Gunung tangkuban perahu terdiri dari beberapa kawah, Kawah gunung tangkuban perahu Antara lain
  1. Kawah Ratu
  2. Kawah Upas
  3. Kawah Domas
  4. Kawah Jurig
  5. Kawah Uwi
  6. Kawah Baru
  7. Kawah lanang
  8. Kawah Ecoma
  9. Kawah Siluman
  10. Kawah Jarian
  11. Kawah Pengguyangan Badak
Dari beberapa kawah diatas, Ada tiga kawah gunung tangkuban perahu yang populer dan sering dikunjungi wisatawan, Yaitu kawah Ratu, kawah Upas, Kawah Domas.

Kawah Ratu Tangkuban Perahu


+Kawah ratu tangkuban perahu bandung jawa barat
Kawah ratu yang indah, Memang tidak salah sebutan itu. Kawah Ratu tangkupan perahu merupakan kawah yang paling besar dibanding kawah yang  lain, Selain itu, kawah ratu juga paling diminati oleh wisatawan.

Untuk bisa sampai keobjek wisata kawah ratu tidaklah sulit, Karena akses transportasi bisa naik sampai bibir kawah. Dan yang lebih asyik disini kita bisa naik kuda melihat-lihat keidahan kawah.

Disekitar kawah ratu juga banyak warung makan dan toko souvenir yang menjual berbagai macam souvenir khas tangkuban perahu.

Kawah upas tangkuban perahu
Bibir kawah upas hampir menyatu dengan kawah ratu, Sehingga kita bisa melihat keindahan kawah ratu dari tempat yang berbeda. Kawah upas memiliki kawah yang lebih kecil, lebih dangkal dan datar dibanding kawah ratu.

Diperlukan tambahan tenaga untuk bisa menuju kawah upas, Karena wisatawan perlu jalan kaki melewati jalan setapak dengan waktu tempuh +-20 Menit dari kawah ratu.

Kawah Domas Tangkuban Perahu
Jarak antara kawah domas dan parkiran kawah ratu +-2km, Dapat ditempuh dengan jalan kaki melewati jalan setapak yang agak kurang enak, Karena Medannya berbukit dan menurun. 

Namun usaha wisatawan tidak akan sia-sia, karena dikawah domas tangkuban perahu wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas yang mengasyikan selain pemandangan yang indah. Diantaranya berendam air hangat, Lulur lumpur belerang dan yang sering dilakukan wisatawan adalah aktivitas merebus telur dikawah.

Fasilitas Penginapan atau Hotel dikawasan Tangkuban perahu
Untuk menikmati semua indahnya pemandangan dan kawah tangkuban perahu, Mungkin tidak bisa dilakukan dengan waktu hanya satu hari. Namun Saudara tidak perlu khawatir, Karena disekitar tempat wisata tangkuban perahu banyak hotel, Villa dan penginapan yang siap membantu Saudara untuk beristirahat dengan tarif yang relatif terjangkau. Jarak hotel atau penginapan tidak terlalu jauh dari lokasi wisata tangkuban perahu.

Demikian sekilas tentang tangkuban perahu yang terdiri dari lokasi gunung tangkuban perahu, Akses menju gunung tangkuban perahu dengan transportasi umum maupun mobil atau motor pribadi, Cerita rakyat tangkuban perahu dan beberapa objek wisata tangkuban perahu. Semoga bermanfaat.

Obyek wisata Alam menarik di Indonesia lainnya

Popular Post

Obyek Wisata Alam Baturaden Jawa Tengah

Baturaden Purwokerto Objek wisata alam baturaden  merupakan salah satu objek wisata alam  di Pulau Jawa yang terletak dilereng pegunungan, Disini wisatawan dapat menikmati keindahan alam serta udara sejuk khas pegunungan. Selain itu, Pengunjung juga dapat melihat beberapa satwa yang hidup dihutan dalam kawasan wisata baturaden. Selain hal yang menyenangkan diatas, Dari Baturaden wisatawan juga bisa melihat pemandangan kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan dan juga beberapa keindahan pantai yang ada di daerah Cilacap.  Dimana letak objek wisata alam baturaden? Baturaden terletak dilereng bagian selatan gunung slamet, Tepatnya di Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Dan berada lebih kurang 15km sebelah utara kota Purwokerto Jawa Tengah. Waktu tempuh dari kota Purwokerto menuju kawasan wisata baturaden kurang lebih 25 menit. Akses menuju objek wisata alam baturaden Untuk sampai keobjek wisata baturaden tidaklah sulit, Karena jalurnya tidak rum

Goa Gong, The Natural Tourism Cave In East Java Indonesia

Goa Gong ( Gong cave ) tours are tourist attractions in Paciatan  East Java. It is very cool. If you visit to pacitan, It would be nice if you took the time to look at a work of God's creation and the stunningly beautiful nature is. Goa Gong is Cave Indonesia famous tourist spot. Where is the Tourism Goa Gong? Goa Gong is located in the hamlet Pule, Bomo Village, District Punung, Pacitan, East Java. Of Pacitan is approximately 28Km direction Winton City Central Java. If you take a trip out of town towards Pacitan Winton, of course will be able to easily find writing a direction towards Goa Gong is on the right. Why Visiting a gong caving Pacitan? Goa Gong is one of the most beautiful natural attractions such as caves are located in Southeast Asia, Goa with a length of approximately 250m natural scenery in Goa beautiful and amazing. In Goa Gong you will be able to see the beauty of stalactites and stalagmites of natural events a few hundred years ago. As th

Wisata Goa Gong Pacitan

Wisata goa gong merupakan tempat wisata di Pacitan Jawa Timur yang didalamnya sangat sejuk. Jika Saudara berkunjung kekota pacitan, Alangkah baiknya kalau menyempatkan diri untuk melihat ciptaan Tuhan berupa karya alam yang indah dan memukau ini. Dimana letak Wisata Goa Gong? Goa Gong terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur. Dari kota Pacitan berjarak kurang lebih 28Km arah Kota Wonogiri Jawa Tengah. Jika Saudara melakukan perjalanan dari kota Wonogiri menuju Pacitan, Tentu akan bisa dengan mudah mendapati tulisan penunjuk arah menuju Goa Gong disebelah kanan. Kenapa Mengunjungi tempat wisata goa gong Pacitan Goa gong merupakan salah satu wisata alam berupa goa terindah yang berada di Asia tenggara, Goa dengan panjang kurang lebih 250m menyajikan pemandangan alam dalam Goa yang indah dan menakjubkan. Didalam Goa Gong Saudara akan bisa melihat keindahan stalaktit serta stalagmit dari kejadian alam beberapa ratus tahun lalu. Seiring perk

Taman Wisata Kaliurang Tempat Wisata di Jogja Yang Menarik

Foto Kaliurang Jogja Apakah Saudara pernah kekota gudeg Jogja?, Sudahkah mengunjungi taman wisata Kaliurang?, Kalau belum luangkan waktu untuk milihat objek wisata alam yang indah dan mempesona dikaliurang Yogyakarta. Taman wisata kaliurang merupakan tempat wisata alam andalan Kabupaten Sleman yang beradan dikaki gunung merapi, Tepatnya dilereng selatan gunung Merapi. Udara ditaman wisata kaliurang sangatlah sejuk, Selain itu, Pemandangan dikaliurang sangatlah indah untuk dinikmati. Jadi sungguh disayangkan jika sudah dikota Jogja namun tidak berkunjung ketempat wisata menarik ini. Taman wisata kaliurang merupakan salah satu tempat wisata alam dikota Jogjakarta yang mengalami perkembangan yang sangat pesat, Jika dahulu hanya wisatawan lokal yang berkunjung ketaman wisata kaliurang, Saat ini sudah tidak sedikit wisatawan dari Mancanegara datang untuk menikmati keindahan objek wisata kaliurang. Letak Taman Wisata Kaliurang Lokasi Taman Wisata Kaliurang terletak kaki g

Tentang Blog Tempat Wisata Alam di Jawa Indonesia

www.wisatadingin.blogspot.com merupakan sebuah blog personal yang didedikasikan untuk sahabat blogger dan untuk semua audience secara keseluruhan guna berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang tempat-tempat wisata alam yang ada di Pulau Jawa Indonesia. Selaian hal diatas, Dengan blog ini saya berkeinginan untuk berbagi foto-foto keindahan alam yang di Pulau Jawa Indonesia. Dengan dibuatnya www.wisatadingin.blogspot.com, Diharapkan artikel yang Saudara baca akan bisa; Menambah pengetahuan tentang beberapa tempat wisata alam pegunungan, Pantai dan Goa yang merupakan kekayaan Indonesia. Dapat memberikan pilihan bagi pembaca dalam menentukan atau memilih tempat wisata dengan udara sejuk atau bahkan dingin untuk berwisata. Dapat mengenalkan kepada Masyarakat luas secara online tempat-tempat wisata alam dibeberapa daerah di Pulau Jawa Indonesia yang meliputi Wisata pantai, Goa dan pegunungan dengan udara sejuk. Melalui foto, Kami berharap akan bisa berbagi keindahan te