Skip to main content

Obyek Wisata Alam Gunung Lawu Jawa Timur

Obyek wisata alam Gunung lawu mungkin sudah tidak asing ditelinga kita, Apalagi bagi Saudara yang mempunyai hobi mendaki gunung. Karena selain pendaki yang datang karena hobi, Disaat bulan sura banyak orang yang naik kegunung lawu untuk ziarah.

Lokasi Obyek wisata Alam Gunung lawu terletak dipulau Jawa Indonesia, Tepatnya diperbatasan atau anatra provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur. Gunung lawu mempunyai ketinggian puncak 3.265m dari permukaan laut. Karena lokasi gunung lawu yang letaknya diperbatasan Jawa Timur,  Kadang orang menyebutnya gunung lawu jawa timur.


Jalur Menuju obyek wisata alam gunung lawu

Transportasi umum darat menuju obyek wisata alam gunung lawu juga mudah, JIka kita dari  kota lain di Jawa Tengah atau dari arah barat, kita bisa menuju terminal bis tirtonadi dikota Solo, Dan dari solo kita bisa naik bis menuju terminal dikota Tawangmangu, Dari terminal tawangmangu kita bisa naik transportasi darat lain menuju lawu.Bagaimana jalur transportasi menuju gunung lawu jika kita dari arah timur?, Juga tidak sulit, Dari arah manapun Saudara menuju kota maos atau tepatnya terminal bis maos. Dari terminal bis dikota maos Saudara bisa berganti transportasi darat menuju gunung lawu.


+foto telaga sarangan dilereng gunung lawu jawa timur


Dari dua jalur menuju gunung lawu tersebut, Kita akan bisa melihat keindahan lereng gunung lawu yang mengngagumkan. Karena disekitar lereng gunung lawu, Selain jalannya yang berkelak-kelok indah, Kita akan melewati banyak pepohonan dan lahan pertanian yang hijau dan rindang. Dan Jika dari jalur timur atau Jawa Timur, Kita akan melewati keindahan telaga sarangan yang bisa dilihat dari dalam mobil.

Tentang obyek wisata alam gunung lawu lainnya

Gunung lawu mempunyai tiga puncak, Yaitu puncak hargo Dalem, Puncak Hargo Dumiling dan puncak hargo Dumilah. Hargo Dumilah merupakan puncak tertinggi gunung lawu.

Selain itu, Gunung Lawu memiliki dua buah Kawah yaitu Kawah Telaga Kuning dan Kawah Telaga Lembung Selayur yang disekitarnya terdapat tempat-tempat keramat. Tempat yang dikeramatkan itu antara lain Sendang Panguripan, Sumur Jolo Tundo, Gua Sigolo-golo, Sendang Drajad, Sendang Macan dan Pasar Dieng.

Jalur pendakian gunung lawu?

Pendakian menuju puncak gunung lawu bisa ditempuh melalui dua pos atau gerbang. dari pos atau gerbang cemorokandang dikota tawangmangu Jawa Tengah dan Cemorosewu dikota sarangan Jawa Timur. Antara dua titik atau gerbang awal pendakian ini jaraknya sangat dekat, Yaitu +-250m.

Dua jalur awal pendakian gunung lawu diatas semua sangat mengasikkan, Yang pasti pemandangannya indah dan mempesona. Namun cemoro sewu akan lebih memberi tantangan bagi pendaki, Karena jalur ini bisa dibilang lebih susah dibanding jalur pendakian dari cemoro kandang. Dan untuk jalur pendakian gunung lawu  melalui cemorosewu sudah pernah saya lakukan.

Pendakian kepuncak gunung lawu melalui jalur cemorosewu akan melewati dua mata air diatas gunung, Yaitu Sendang Panguripan dan Sendang Drajat. Sendang Panguripan berada diantara pos cemorosewu dan pos 1 ( Satu ), Sedangkan sendang Drajat terletak diantara pos 4 ( empat ) dan pos 5 ( Lima ).

Yang Unik Dari puncak gunung lawu

Puncak gunung lawu memang unik, Karena terdapat  warung makan di bawah puncaknya dengan bangunan yang lumayan. Pendaki dapat melepas lelah sambil makan, minum dan tiduran, Dan berbeda dengan puncak gunung lain di dunia.

Demikian tadi sedikit uraian tentang gunung lawu, Baik keindahan lereng gunung lawu, Lokasi gunung lawu, Jalur menuju gunung lawu, Tinggi gunung lawu, Jalur pendakian gunung lawu, Serta info lain seputar jalur pendakian gunung lawu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Popular Post

Pantai Parangtritis Jogja

Pantai Parangtritis Jogja merupakan salah satu wisata alam pantai yang ada di Yogyakarta. Pengunjung pantai parang tristis tidak terbatas wisatawan dalam negeri saja, Melainkan juga wisatawan manca negara. Menurut kepercayaan penduduk setempat, Jika di pantai parangtristis tidak boleh mengenakan pakaian hijau muda. Kenapa Mengunjungi Tempat wisata alam Pantai Parang Tritis Jogja? Pantai parangtritis Jogja mempunyai ombak yang cukup besar, Hal inilah yang merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan. Selain ombak yang besar, Di sekitar pantai parangtritis juga terdapat gunung-gunung pasir yang biasa disebut gumuk. Tidak hanya Ombak dan gunung pasir yang bisa dikagumi oleh wisatawan jika berkunjung ke pantai Parangtristis, Karena disekitar pantai parangtritis masih terdapat beberapa obyek menarik dan memikat. Yaitu Pantai parangkusumo dan parangwedang. Dipantai parangtritis Jogja, Wisatawan bisa melihat dan menyusuri bibir pantai tanpa harus c

Tentang Blog Tempat Wisata Alam di Jawa Indonesia

www.wisatadingin.blogspot.com merupakan sebuah blog personal yang didedikasikan untuk sahabat blogger dan untuk semua audience secara keseluruhan guna berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang tempat-tempat wisata alam yang ada di Pulau Jawa Indonesia. Selaian hal diatas, Dengan blog ini saya berkeinginan untuk berbagi foto-foto keindahan alam yang di Pulau Jawa Indonesia. Dengan dibuatnya www.wisatadingin.blogspot.com, Diharapkan artikel yang Saudara baca akan bisa; Menambah pengetahuan tentang beberapa tempat wisata alam pegunungan, Pantai dan Goa yang merupakan kekayaan Indonesia. Dapat memberikan pilihan bagi pembaca dalam menentukan atau memilih tempat wisata dengan udara sejuk atau bahkan dingin untuk berwisata. Dapat mengenalkan kepada Masyarakat luas secara online tempat-tempat wisata alam dibeberapa daerah di Pulau Jawa Indonesia yang meliputi Wisata pantai, Goa dan pegunungan dengan udara sejuk. Melalui foto, Kami berharap akan bisa berbagi keindahan te

Obyek Wisata Alam Baturaden Jawa Tengah

Baturaden Purwokerto Objek wisata alam baturaden  merupakan salah satu objek wisata alam  di Pulau Jawa yang terletak dilereng pegunungan, Disini wisatawan dapat menikmati keindahan alam serta udara sejuk khas pegunungan. Selain itu, Pengunjung juga dapat melihat beberapa satwa yang hidup dihutan dalam kawasan wisata baturaden. Selain hal yang menyenangkan diatas, Dari Baturaden wisatawan juga bisa melihat pemandangan kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan dan juga beberapa keindahan pantai yang ada di daerah Cilacap.  Dimana letak objek wisata alam baturaden? Baturaden terletak dilereng bagian selatan gunung slamet, Tepatnya di Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Dan berada lebih kurang 15km sebelah utara kota Purwokerto Jawa Tengah. Waktu tempuh dari kota Purwokerto menuju kawasan wisata baturaden kurang lebih 25 menit. Akses menuju objek wisata alam baturaden Untuk sampai keobjek wisata baturaden tidaklah sulit, Karena jalurnya tidak rum

Taman Wisata Kaliurang Tempat Wisata di Jogja Yang Menarik

Foto Kaliurang Jogja Apakah Saudara pernah kekota gudeg Jogja?, Sudahkah mengunjungi taman wisata Kaliurang?, Kalau belum luangkan waktu untuk milihat objek wisata alam yang indah dan mempesona dikaliurang Yogyakarta. Taman wisata kaliurang merupakan tempat wisata alam andalan Kabupaten Sleman yang beradan dikaki gunung merapi, Tepatnya dilereng selatan gunung Merapi. Udara ditaman wisata kaliurang sangatlah sejuk, Selain itu, Pemandangan dikaliurang sangatlah indah untuk dinikmati. Jadi sungguh disayangkan jika sudah dikota Jogja namun tidak berkunjung ketempat wisata menarik ini. Taman wisata kaliurang merupakan salah satu tempat wisata alam dikota Jogjakarta yang mengalami perkembangan yang sangat pesat, Jika dahulu hanya wisatawan lokal yang berkunjung ketaman wisata kaliurang, Saat ini sudah tidak sedikit wisatawan dari Mancanegara datang untuk menikmati keindahan objek wisata kaliurang. Letak Taman Wisata Kaliurang Lokasi Taman Wisata Kaliurang terletak kaki g